Lompat ke isi utama

Berita

30 Panwascam Se-Kabupaten Nias Bimtek Penguatan Kapasitas

NIAS, BAWASLUNIAS – Bawaslu Kabupaten Nias melaksanakan Bimbingan Teknis Pengawas Kecamatan se-Kabupaten Nias yang dilaksanakan di Wisma Soliga, Jl.Dipenogoro Gunungsitoli, Senin (23-24/12/2019). Diikuti sebanyak 30 panwascam dari keseluruhan kecamatan se-Kabupaten Nias.

Anggota Bawaslu Nias, Warling Telaumbanua, sebagai narasumber pada bimbingan teknis bagi panwascam yang dilaksanakan di Wisma Soliga, Jl. Diponegoro Gunungsitoli. Senin (23-24/12/2019).

Pada pelaksanaan bimbingan teknis bagi panwascam, pimpinan Bawaslu Kabupaten Nias Warling Telaumbanua, SE selaku (kordiv.PHL) menyampaikan materinya terkait tentang “tugas utama pengawas pemilu yakni pencegahan dan pengawasan. Kegiatan pencegahan merupakan langkah awal dalam mengawasi setiap tahapan Pilkada 2020, antara lain pengawasan tahapan pemutakhiran dan penyusunan daftar pemilih, pengawasan verifikasi faktual syarat dukungan calon, pengawasan tahapan kampanye, pengawasan pemungutan dan penghitungan suara,” ujarnya.

Ketua Bawaslu Nias, Novan Maskurnia Hura, sebagai narasumber pada bimbingan teknis bagi panwascam yang dilaksanakan di Wisma Soliga, Jl. Diponegoro Gunungsitoli. Senin (23-24/12/2019).

Senada dengan itu Ketua Bawaslu Kabuapten Nias Novan Maskurnia Hura, S.H selaku (kordiv.HPPS) sebagai pemateri pada Bimtek Panwascam menyampaikan tentang “prosedur penanganan pelanggaran dan penyelesaian sengketa. Demikian juga disampaikan bahwa sengketa atau pelanggaran pemilu muncul apabila adanya laporan dan temuan pelanggaran hal ini merupakan suatu tugas dan tanggung jawab sebagai pengawas untuk mencegah dan melakukan pengawasan pada Pilkada 2020 kedepan,” tegasnya.

Anggota Bawaslu Nias, Nurjaya Harefa, sebagai narasumber pada bimbingan teknis bagi panwascam yang dilaksanakan di Wisma Soliga, Jl. Diponegoro Gunungsitoli. Senin (23-24/12/2019).

Nurjaya Harefa, S.Th selaku (Kordiv.OSDM) menyampaikan materi terkait tentang rapat pleno pengawas kecamatan. Berdasarkan penjelasannya bahwa rapat pleno pengawas kecamatan adalah merupakan "forum tertinggi dalam pengambilan keputusan bagi panwas kecamatan untuk melaksanakan tugas, fungsi,dan wewenang,” jelasnya.

Selesainya acara Bimtek ini dilanjutkan dengan acara penutupan kegiatan dan saling bersalam-salaman.

#BawasluNias

#BimtekPanwascam

#BawasluMengawasi

#CegahAwasTindak

Tag
Berita