Lompat ke isi utama

Berita

BAWASLU NIAS PERINGATI HAORNAS KE-36 TAHUN 2019

NIAS, BAWASLUNIAS – Peringatan Hari Olahraga Nasional (HAORNAS) Ke-36 Tahun 2019 dengan Tema “Ayo Olahraga, Dimana Saja, Kapan Saja”, di lingkungan Bawaslu Kabupaten Nias. Di hadiri oleh Anggota komisioner Bawaslu Kabupaten Nias (Warling Telaumbanua, S.E.), Anggota (Nurjaya Harefa, S.Th.) dan seluruh jajaran Staf Bawaslu Kabupaten Nias melaksanakan Upacara Peringatan Hari Olahraga Nasional (HAORNAS) Ke-36  di halaman kantor Sekretariat Bawaslu Kabupaten Nias Senin, 9 September 2019. Sedangkan “Ketua Bawaslu Kabupaten Nias (Novan Maskurnia Hura, S.H.) dan Kordinator Sekretariat (Yasokhi Laoli, S.E.) tidak bisa bersama-sama pada upacara peringatan HAORNAS dimaksud karena sedang mengikuti Sosialisasi Permendagri No.54 Tahun 2019 dan Keputusan Ketua Bawaslu RI No. 0194 Tahun 2019 di Makasar”. Tema ini mengandung makna bahwa olahraga itu mudah karena dapat dilakukan dimana dan kapan saja, menjadi penting agar masyarakat tidak terpaku bahwa olahraga hanya dapat dilakukan di fasilitas olahraga yang tersedia.

Sementara itu, Kordiv SDM Bawaslu Nias “Nurjaya Harefa bertindak sebagai Pembina Upacara Pada Peringatan Hari Olahraga Nasional (HAORNAS) Ke-36 Tahun 2019, dalam membacakan Pidato Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia”  antara lain, disampaikan;

Pembangunan didalam olahraga adalah tidak hanya jasmani, tetapi juga rohani. Dengan sehat rohani kita berarti telah mendukung kebijakan Bapak Presiden tentang Revolusi Mental, serta SDM Unggul Indonesia Maju.

Pembinaan atlet muda berbakat yang di dukung oleh talent identification dan talent scouting yang tepat, telah dibuktikan pula pada perhelatan ASEAN Schools Games (ASG) 2019 di Semarang, Indonesia tidak sekadar sukses menjadi tuan rumah dan memenuhi target juara umum, namun secara keseluruhan, Indonesia mampu melampaui target dengan mengoleksi 43 emas, 34 perak, dan 25 perunggu “sebut Nurjaya Harefa sebagaimana dikatakan Imam Nahrawi’’.

Lebih lanjut dijelaskan, Indonesia pada tahun 2018 pada perhelatan Asian Games dan Asian Paragames, kita mendapat kado yang istimewa dari para atlit nasional. Telah menunjukkan prestasi Peringkat ke 4 pada ajang Asian Games 2018 dengan perolehan 98 medali yang terdiri dari 31 Emas, 24 Perak dan 43 Perunggu. Dan yang lebih membanggakan atlit Disabilitas mampu mencatatkan sejarah baru kita menjadi peringkat kelima ajang Asian Paragames 2018 dengan perolehan 135 medali yang terdiri dari 37 Emas, 47 Perak dan 51 Perunggu.

Selanjutnya, untuk optimalisasi permassalan dan pembudayaan olahraga, sesuai Intruksi Presiden Nomor 1 Tahun 2017 tentang Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) yang juga ditindaklanjuti dengan Peraturan Menpora RI Nomor 18 Tahun 2017 tentang Gerakan Ayo Olahraga, kita sama-sama laksanakan gerakan olahraga secara masif dan meluas di semua lapisan masyarakat.

Hal ini sejalan dengan pesan Bapak Presiden dalam salah satu janji kampanye yang di keluarkan oleh Kantor Staf Kepresidenan yaitu ”Perlu pengintegrasian olahraga dengan sistem pendidikan nasional serta perlu menumbuhkan minat masyarakat Indonesia dalam bidang olahraga, sehingga dapat tumbuh menjadi bagian dari budaya dan kepribadian bangsa”.

Dari pantauan dilapangan seluruh peserta upacara tampak serius mengikuti jalannya upacara sehingga berjalan aman dan tertib.

Salam Olahraga.!!!

Tag
Berita